Mengapa Terdapat Lubang Kecil di Jendela Pesawat Terbang?
Dengan melihat ke luar
jendela pesawat, disertai dengan banyaknya waktu yang dilalui dan kumpulan awan
sejauh mata memandang mungkin dapat membuat kita bertanya-tanya: Apakah kita
sendirian di alam semesta ini? Bagaimana sebenarnya awal dari kehidupan ini?
Apakah tujuan kita terlahir di bumi? Tetapi tunggu dulu, mengapa terdapat
lubang-lubang kecil di jendela pesawat?
Berkat rasa penasaran Robbie
Gonzalez dari io9, pertanyaan terakhir
dari kalimat di atas mungkin akan terjawab. Setelah tidak berhasil menemukan
jawaban yang benar-benar tepat di forum internet, ia akhirnya memutuskan untuk
mencari langsung salinan pemeliharaan manual untuk Boeing 737 di Wikileaks dan menghubungi Marlowe Moncur,
Direktur Teknologi dari GKN Aerospace,
sebuah perusahaan kelas dunia yang berfokus pada bidang pengembangan desain
jendela kabin penumpang pesawat terbang.
Seperti yang mungkin sudah
anda duga sebelumnya, lubang kecil itu berfungsi untuk mengatur tekanan pada
pesawat terbang.
Ia menemukan bahwa sebagian
besar jendela kabin terdiri dari beberapa bagian, yaitu bagian luar, tengah dan
panel bagian dalam yang semuanya terbuat dari bahan sintetis yang sangat kuat.
Biasanya, bagian dari jendela kabin yang memiliki lubang kecil misterius adalah
panel bagian tengah.
Hanya panel bagian luar dan
tengah yang sebenarnya berfungsi sebagai struktural, sedangkan panel bagian
dalamnya kebanyakan berfungsi sebagai failsafe
dan untuk melindungi lapisan lainnya. Moncur mengatakan bagian tengah tersebut
dibuat hanya untuk menjaga tekanan pada kabin pesawat terbang dalam suatu
kondisi yang sangat langka, yaitu jika panel bagian luar mengalami retak.
Ketika pesawat terbang berada
pada ketinggian 10.600 meter (35.000 kaki), tekanan yang didapatkan pesawat
terbang tersebut sekitar 1,5 kilogram (£ 3,3) per inci persegi. Tekanan
tersebut terlalu rendah bagi tubuh manusia untuk tetap berada dalam kondisi sadar,
sehingga tekanan ini secara artifisial harus dipertahankan pada sekitar 3,5
kilogram (£ 8) per inci persegi. Tetapi tentu saja, jika kita ingin
meningkatkan tekanan di dalam kabin, struktur pesawat terbang haruslah cukup
kuat untuk menahan perbedaan tekanan antara tekanan eksternal dan tekanan
internal.
Panel bagian luar adalah bagian
yang paling tebal dari seluruh lapisan lainnya dan merupakan lapisan inti yang
berinteraksi langsung dengan tekanan. Menurut Gonzalez, lubang kecil pada
jendela pesawat bertindak sebagai "katup yang memungkinkan tekanan udara
antara kabin penumpang dan tekanan udara pada panel luar dan panel tengah
menjadi seimbang." Sederhananya, memastikan bahwa hanya panel terkuat,
yaitu panel bagian luar yang menerima tekanan, sedangkan panel bagian tengah
disiapkan hanya dalam kondisi darurat.
Fiuh, akhirnya kita telah
menyelesaikan masalah yang tidak terlalu penting ini.
Diterjemahkan secara bebas
dari:
http://www.iflscience.com/physics/what-little-hole-airplane-windows
Artikel ini dapat
dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://bagikertas.blogspot.co.id/
sebagai sumber artikel.
Terima kasih telah berkunjung
ke Bagi Kertas.
Like juga Facebook Page: Bagi Kertas
ayo bergabung diajoqq , silakan coba keberuntungan anda disini dan menangkan ratusan juta rupiah,hadiah menantikan
ReplyDeleteanda silakan bergabung invite pin bb#58cd292c
Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
ReplyDeletedimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c
ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
ReplyDeletepin bb#58ab14