Bayi Cumi-Cumi Raksasa Tertangkap di Jepang


Selama berabad-abad, cumi-cumi raksasa menjadi sebuah mimpi buruk bagi para pelaut karena diyakini dapat menghancurkan kapal dan menenggelamkan manusia. Banyak hal dari spesies misterius ini yang masih tetap menjadi misteri bagi para ilmuwan. Namun, untuk pertama kalinya, tiga bayi cumi-cumi raksasa telah tertangkap dan diteliti di Jepang. Seseram apapun bentuk monster laut bertentakel ini, anak-anak mereka terlihat cukup lucu.

Ukuran rata-rata cumi-cumi raksasa betina (Architeuthis dux), yaitu diperkirakan mencapai sekitar 13 meter (40 kaki). Sedangkan ukuran bayi cumi-cumi yang tertangkap di lepas pantai Jepang adalah antara 14 cm (5,5 inci) dan 33 cm (13 inci).


Tiga ekor cumi-cumi ini tertangkap oleh nelayan di tahun 2013. Yang pertama dan yang paling kecil tertangkap di lepas pantai Uchinoura, Kagoshima, Kyushu Island di bagian selatan Jepang. Dua ekor lainnya ditemukan berada di dalam jaring yang sama lebih dari 600 kilometer (370 mil) dari lepas pantai Hamada, Shimane, sebelah barat daya laut Jepang.

Ukuran cumi-cumi raksasa muda yang tertangkap ini hampir sama dengan ukuran cumi-cumi dewasa dari spesies lain yang berukuran lebih kecil dari spesies ini. Dengan maksud untuk mengidentifikasi dan meneliti mereka, cumi-cumi raksasa ini kemudian dikirim kepada Toshifumi Wada, seorang ahli Cephalopoda dari Institute of Natural and Environmental Sciences di University of Hyogo yang berada di Jepang. Hasil dari analisis genetik dan pemeriksaan fisik baru-baru ini telah diterbitkan dalam jurnal Marine Biodiversity Records.

Berbicara kepada Motherboard, Wada mengatakan: "Saya sangat senang karena hewan ini adalah spesimen yang benar-benar penting."

Dia menambahkan, "Para nelayan yang menangkapnya dan staf akuarium sebelumnya tidak mengetahui bahwa apa yang mereka lihat adalah bayi cumi-cumi raksasa... Kemungkinan yang biasanya mereka lakukan setelah menangkapnya adalah melemparkannya kembali ke laut, atau mungkin dimakan oleh nelayan itu sendiri karena mereka tidak menyadari bahwa apa yang telah mereka tangkap adalah bayi cumi-cumi raksasa.”


"Sulit bagi kami untuk mengembangkan penelitian ini jika kami tidak memiliki spesimen. Merupakan suatu hal yang sangat bagus jika kami dapat membangun kesadaran lebih tentang bayi cumi-cumi raksasa kepada para nelayan sehingga kami dapat mengumpulkan berbagai spesimen lainnya di museum dan akuarium, serta memahami bagaimana bayi-bayi ini dapat hidup dan berperilaku."

Tangkapan ini juga telah membantu mengidentifikasi beberapa perilaku makhluk yang sulit dipahami ini. Sejak ditemukannya kedua ekor cumi-cumi raksasa ini dalam satu jaring yang sama, penelitian menemukan bahwa ada kemungkinan hewan ini bepergian secara berkelompok di masa awal kehidupan mereka, meskipun hewan ini kemudian menjadi penyendiri saat dewasa, Wada mengatakan Wall Street Journal.


Diterjemahkan secara bebas dari:
http://www.iflscience.com/plants-and-animals/fishermen-have-found-first-baby-giant-squids-ever

Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://bagikertas.blogspot.co.id/ sebagai sumber artikel.

Terima kasih telah berkunjung ke Bagi Kertas.
Like juga Facebook Page: BagiKertas

3 komentar:

  1. ko pas baca ini gue malah pengen cumi saos tiram ya :a ini gue komen atas keinginan gue sendiri yaaa:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa sama banget nis, apalagi pas gue nyari gambar cumi-cumi, yg keluar malah makanan olahan cumi semua, jadi laper.. -_-
      wkkwkwk mashaallah nis.. :v

      Delete
  2. Are you looking for free Facebook Followers & Likes?
    Did you know you can get these ON AUTO-PILOT AND TOTALLY FOR FREE by registering on Like 4 Like?

    ReplyDelete