Orang Ini Jalani Operasi Untuk Mengeluarkan Cacing Dari Bola Matanya


Seorang pria di India timur baru-baru ini harus menjalani beberapa tahap operasi mata setelah dokter menemukan cacing hidup menggeliat di bola matanya.

Pasien yang berusia 25 tahun itu pergi ke dokter setelah dua minggu menderita nyeri di bagian mata kirinya, ditambah dengan penglihatannya yang semakin buram dan berbayang.

Hasil pemeriksaan mengatakan, hal ini terjadi karena terdapat seekor cacing hidup yang tinggal di rongga vitreous pria tersebut, tepatnya di bagian tengah mata yang berbentuk kenyal dan berwarna putih. Dalam laporan kasus yang diunggah secara online terbaru dan dipublikasikan dalam BMJ Case Reports pada tanggal 8 Januari, para dokter menyatakan bahwa "cacing tersebut telah hidup cukup lama di bola mata dan bergerak di sekitar mata dengan bebas dan tanpa henti".

Karena penggunaan obat antimalaria dapat mengakibatkan reaksi yang beracun bagi mata, maka para dokter memutuskan satu-satunya pilihan untuk menghilangkan parasit cacing ini adalah melalui operasi.

Pemeriksaan mikrobiologi untuk menghapus cacing hidup tersebut membuktikan bahwa cacing ini berasal dari spesies yang dinamakan Loa loa. Loa Loa atau yang biasanya disebut juga cacing mata merupakan parasit yang menyebabkan terjadinya loiasis.

Cacing Loa loa atau cacing mata (klik untuk memperbesar gambar).

Nematoda parasit ini dapat menular ke anggota tubuh manusia melalui gigitan dari lalat rusa (juga dikenal sebagai lalat mangga atau lalat bakau). Lalat rusa ini terinfeksi cacing Loa loa saat mereka menghisap darah manusia yang telah terinfeksi oleh cacing. Kebanyakan cacing ini dapat ditemukan di daerah Afrika dan India. Infeksi cacing ini tidak dapat ditularkan antar manusia (manusia ke manusia).

Penemuan tersebut memberikan suatu kesimpulan yang jelas bagi para dokter bahwa pasien ini terinfeksi parasit ketika sedang bekerja sebagai penjual buah di India timur. Para peneliti mengatakan, setelah mendapat gigitan dari lalat rusa yang terinfeksi, parasit yang hidup di tubuh manusia ini akan melakukan perjalanan ke bola mata melalui pembuluh darah atau berusaha masuk melalui lapisan jaringan tubuh.


Cacing Loa loa biasanya ditemukan melata di bawah kulit, meskipun ada juga yang ditemukan hidup di dalam berbagai jaringan tubuh, dan akhirnya menuju paru-paru. Namun menurut laporan, cacing yang ditemukan di rongga vitreous mata pasien ini merupakan kasus pertama yang berhasil diidentifikasi.

Dua minggu setelah menjalani operasi, pria tersebut dilaporkan memiliki penglihatan yang jauh lebih baik, tidak mengalami rasa sakit, dan bebas dari garis melekuk-lekuk di matanya.


Diterjemahkan secara bebas dari:
http://www.iflscience.com/health-and-medicine/man-undergoes-surgery-remove-worm-his-eyeball

Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://bagikertas.blogspot.co.id/ sebagai sumber artikel.

Terima kasih telah berkunjung ke Bagi Kertas.
Facebook Page: Bagi Kertas
Twitter: Bagi Kertas
Youtube Channel: Bagi Kertas
Instagram: @bagikertasnya
Line ID: @zvs4518b

5 komentar:

  1. AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong dan capsa :)
    ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
    AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)

    ReplyDelete
  2. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14f5

    ReplyDelete
  3. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    ReplyDelete
  4. SITUS BANDAR ONLINE 2018 DEWALOTTO
    BURUAN BERGABUNG SEKARANG JUGA

    ReplyDelete
  5. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di fanspoker.com
    add pin bb 55F97BD0 ditunggu ya

    ReplyDelete