Bahaya Memakan Salju! Alasan Mengapa Kita Tidak Boleh Memakannya


Di Amerika Serikat, ada sebuah kalimat: dilarang memakan salju kuning (yellow snow). Sayangnya, sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Science: Processes & Impacts, menyarankan bahwa, kalau bisa, kita seharusnya benar-benar tidak memakan salju sama sekali, dalam bentuk apapun. Salju diketahui bertindak sebagai bahan penyerap efektif bagi partikel-partikel kecil yang biasanya ditemukan pada asap knalpot mobil. Jadi, setiap kali kita mengkonsumsi salju, sama saja seperti makan es loli rasa polusi.

Polusi udara adalah pembunuh, dengan 3,3 juta kematian setiap tahunnya akibat menghirup partikel racun yang hampir tidak terlihat ini, menurut PBB. Cina, yang ibukotanya secara teratur menghirup kabut asap yang benar-benar menyesakkan, menyumbang 1,4 juta jiwa dari total kematian ini. Organisasi Kesehatan Dunia WHO sebentar lagi akan merilis sebuah laporan terperinci mengenai jumlah orang yang meninggal baru-baru ini akibat fenomena buatan manusia. Dalam ulasannya, mereka menyatakan hal ini sebagai "kondisi darurat kesehatan masyarakat global."

Oleh karena itu, mempelajari ilmu tentang bagaimana cara polutan dapat diserap oleh bumi adalah penting, karena selain memberikan gambaran terperinci tentang seberapa banyak udara yang masih bisa dihirup oleh manusia dan makhluk hidup lainnya, juga dapat memberikan informasi tentang seberapa besar hal ini akan berpengaruh pada aspek-aspek lingkungan lainnya, dimana pada akhirnya memiliki efek yang secara tidak langsung berpengaruh pada populasi manusia. Sebuah tim peneliti dari McGill University di Montreal, Kanada, memutuskan untuk menyelidiki kemampuan salju dalam menyerap polutan ini.


Sebuah ruang simulasi lingkungan diciptakan dengan berbagai kondisi salju. Ruangan yang digunakan oleh tim peneliti ini dijuluki "snow chamber". Dengan mencampur berbagai jenis salju alami dan kombinasi polutan yang umumnya ditemukan pada knalpot mobil, mereka mampu untuk memeriksa berapa banyak kandungan polusi yang berhasil lolos atau diserap oleh salju. Bersamaan dengan karbon organik, kadar polutan beracun, seperti benzene, toluene, etil benzena, dan xilena dalam salju juga diukur sebelum, selama, dan setelah menjalankan setiap percobaan.

Para peneliti menemukan, dalam satu jam setelah pemaparan, tingkat polutan dalam salju meningkat secara dramatis. Partikel-partikel beracun terperangkap di dalam partikel kecil es atau larut di dalam kantong-kantong air yang meleleh. Ini berarti bahwa salju adalah bahan yang sangat efektif untuk menyerap polusi knalpot mobil.

Lalu apa yang terjadi jika salju mencair? Entah polutan akan tetap berada di dalam air, atau mereka akan menguap kembali ke udara, pertanyaan ini membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menjawabnya.


Diterjemahkan secara bebas dari:
http://www.iflscience.com/environment/snow-sponge-toxic-car-exhaust-particles

Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://bagikertas.blogspot.co.id/ sebagai sumber artikel.

Terima kasih telah berkunjung ke Bagi Kertas.
Facebook Page: Bagi Kertas
Twitter: Bagi Kertas
Youtube Channel: Bagi Kertas
Instagram: @bagikertasnya
Line ID: @zvs4518b

3 komentar:

  1. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14f5

    ReplyDelete
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    ReplyDelete
  3. NUMPANG PROMO BOSKU
    SILAHKAN GABUNG DI DEWALOTTO
    BANYAK PROMO MENARIK !

    ReplyDelete