Inilah Cara Memotong Pizza yang Benar Menurut Matematika!


Selama bertahun-tahun, para ahli matematika telah banyak memberikan kontribusi yang cukup penting bagi kehidupan kita, mulai dari perhitungan geometris Pythagoras hingga teori permainan John Nash. Sekarang, para ilmuwan akhirnya mengalihkan perhatian mereka pada salah satu pertanyaan yang benar-benar penting bagi kehidupan, yaitu bagaimana cara terbaik untuk memotong pizza? Pertanyaan yang penting sekali bukan?

Pada kenyataannya, ini bukan pertama kalinya masalah cara memotong pizza yang benar menurut matematika dibicarakan, karena L.J. Upton telah mengembangkan apa yang disebut dengan Pizza Theorem (Teorema Pizza) untuk pertama kalinya pada tahun 1960-an. Seperti namanya, model yang ia kembangkan menyediakan sarana atau informasi mengenai cara untuk membagi pizza-shape/bentuk pizza (atau yang kita kenal dengan lingkaran) ke dalam segmen yang sama.

Saat ini, sekelompok matematikawan pecinta masakan Italia di Liverpool University mengambil langkah lebih lanjut, yaitu dengan membuat perhitungan secara lebih kompleks dan lebih mudah dimengerti dalam hal memotong pizza sementara tetap memastikan bahwa setiap irisan pizza memiliki ukuran yang sama. Untuk menempatkan masalah ini ke dalam pembahasan matematika, mereka merancang suatu sistem yang digunakan untuk membuat ubin monohedral pada kepingan planar.

Ubin dikatakan monohedral jika masing-masing bagian adalah sama dengan semua bagian lain dalam luas permukaan secara keseluruhan. Studi sebelumnya telah menunjukkan bagaimana hal ini dapat dicapai, yaitu dengan menarik garis lurus keluar dari titik pusatnya, memotong pizza menjadi “perisai” enam bagian yang sama. Perisai ini kemudian dapat dibagi dua lagi untuk menghasilkan 12 ubin monohedral.

Matematikawan sebelumnya telah menunjukkan bagaimana pizza dapat dibagi menjadi “perisai” enam atau 12 bagian yang sama.

Namun, karena perisai ini terlihat tidak terlalu elegan, para peneliti memutuskan untuk merancang potongan dengan bentuk yang lebih artistik, bentuknya dapat dilihat seperti pada gambar berikut. Meskipun semua irisan telah sama dalam ukurannya, model ini tidak memperhitungkan tentang distribusi topping pada pizza.

Klik gambar untuk memperbesar.

Nah seperti itulah cara anda memotong pizza! Matematikawan sebelumnya telah menunjukkan bagaimana pizza dapat dibagi menjadi bentuk “perisai” enam atau 12 bagian yang sama.


Diterjemahkan secara bebas dari:
http://www.iflscience.com/physics/there-s-new-way-cut-pizza-using-math

Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://bagikertas.blogspot.co.id/ sebagai sumber artikel.

Terima kasih telah berkunjung ke Bagi Kertas.
Facebook Page: Bagi Kertas
Twitter: Bagi Kertas
Youtube Channel: Bagi Kertas
Instagram: @bagikertasnya
Line ID: @zvs4518b

3 komentar:

  1. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14f5

    ReplyDelete
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    ReplyDelete
  3. NUMPANG PROMO BOSKU
    SILAHKAN GABUNG DI DEWALOTTO
    BANYAK PROMO MENARIK !

    ReplyDelete