Baterai Lithium Terbaru 5 Kali Lebih Baik Dibandingkan Baterai Saat Ini


Siapapun yang mempunyai smartphone atau gadget lainnya pasti pernah mengalami kerusakan baterai. Kerusakan baterai dapat mengakibatkan daya tahannya berkurang atau mungkin tiba-tiba mati saat kita sedang menggunakannya. Ini semua dapat diperbaiki dengan baterai yang lebih baik, dan saat ini para peneliti sedang mengembangkan sebuah baterai yang lebih baik untuk masa depan.

Sebuah tim yang terdiri dari para ilmuwan internasional telah mengembangkan baterai yang dapat menyimpan energi hingga lima kali lebih baik daripada baterai lithium-ion yang ada saat ini. Prototipe baterai ini disebut baterai lithium-air, karena ketika habis baterai ini akan melepaskan oksigen. Penemuan terbaru ini dipublikasikan di Nature.

Desain baterai lithium-air saat ini menggunakan lithium peroksida. Kutub positif dari baterai lithium ini memiliki logam yang bereaksi dengan oksigen di udara, sehingga dapat menyimpan energi dalam ikatan kimia. Walaupun begitu, lithium peroksida bukanlah material yang paling efisien, karena material ini mengikat lithium dengan sangat erat, sehingga para peneliti perlu untuk mencari pendekatan alternatif.

Tim peneliti kemudian mengembangkan prototipe baterai terbaru yang menyimpan energi pada lithium superoksida, sehingga lebih mudah di­breakdown dan menghasilkan energi yang lebih efisien dan daya tahan baterai yang lebih baik. Peroksida adalah ion molekul oksigen dimana dua elektron akan hilang, sementara superoksida adalah ion molekul oksigen yang hanya kehilangan satu elektron. Ketika baterai sedang diisi atau dicharge, lithium akan berubah menjadi ion positif dan terikat dengan oksida. Ketika baterai sedang dalam penggunaan, lithium dan oksida akan terpisah, sehingga melepaskan energi yang tersimpan.

Salah satu contoh baterai Lithium-ion.

Lithium superoksida memiliki keuntungan yang utama, yaitu baterai ini adalah sebuah sistem tertutup seperti baterai lithium-ion yang terpasang di perangkat hape saat ini. Sistem tertutup berarti tidak memerlukan asupan oksigen tambahan atau penghapusan komponen, hanya perlu diisi ulang seperti baterai pada umumnya yang biasa kita gunakan.

"Penemuan ini benar-benar membuka jalur untuk munculnya berbagai baterai jenis terbaru," kata Larry Curtiss, salah satu rekan penulis penelitian, dalam sebuah pernyataan.

"Meskipun masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut, siklus hidup baterai adalah apa yang sebenarnya kita cari."


Diterjemahkan secara bebas dari:
http://www.iflscience.com/technology/new-lithium-battery-5-times-better-current-ones

Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://bagikertas.blogspot.co.id/ sebagai sumber artikel.

Terima kasih telah berkunjung ke Bagi Kertas.
Facebook Page: Bagi Kertas
Twitter: Bagi Kertas
Youtube Channel: Bagi Kertas
Instagram: @bagikertasnya
Line ID: @zvs4518b

6 komentar:

  1. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14f5

    ReplyDelete
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    ReplyDelete
  3. HIDUPMU AKAN LEBIH BAHAGIA SETELAH BERGABUNG DI DEWALOTTO
    BURUAN DAFTARKAN DIRI ANDA SEKARANG JUGA !

    ReplyDelete
  4. mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq.club...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.
    WwW-AJoQQ.club| bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    ReplyDelete
  5. ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add pin bb 58ab14f

    ReplyDelete
  6. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di fanspoker.com
    add pin bb 55F97BD0 ditunggu ya

    ReplyDelete