Uji Coba F-35 Fighter Jet Akibatkan New York hingga New Jersey Mengalami Gempa Bumi


Kemarin, ribuan warga yang tinggal di New Jersey, New York, Maryland, dan Connecticut melaporkan adanya sensasi gemuruh yang aneh. Meskipun begitu, tidak ada laporan mengenai tanda-tanda aktivitas gempa bumi.

Sore hari, tanggal 28 Januari 2016, pada pukul 01:24 waktu setempat, gempa tremor pertama kali terdeteksi di wilayah timur laut dari Hammonton, New Jersey. Dalam satu setengah jam berikutnya, menurut U.S. Geological Survey (USGS), sebanyak lebih dari sembilan kali gempa tremor tercatat di sepanjang pantai timur Long Island, New York.

Fenomena ini awalnya dianggap sebagai gempa bumi, sehingga mendorong ribuan kicauan di twitter dan panggilan telepon 911 oleh warga yang merasa dirinya mengalami gempa tremor.


Namun, setelah tidak ada lagi aktivitas gempa bumi atau kerusakan yang dilaporkan, para ilmuwan mulai berpikir bahwa getaran yang terdeteksi pada seismometer mereka kemungkinan besar terjadi akibat sonic boom. Hal (gempa tremor) ini bisa terjadi jika suatu objek atau ledakan terjadi lebih cepat daripada kecepatan suara, yang berarti kecepatannya lebih 1.225 kilometer per jam (761,2 mil per jam) di atas udara permukaan laut.

Dari pemikiran ini, kemudian timbullah keinginan untuk mencari tahu apa yang sebenarnya telah menyebabkan adanya ledakan sonik (sonic boom). Gizmodo melaporkan bahwa bahkan USGS sendiri pada awalnya tidak mengetahui apa yang menyebabkan gempa tersebut. Mereka menanggapi pertanyaan dengan kalimat, “kami tidak tahu pasti apa yang terjadi".

Adalah tindakan yang ilegal bagi pesawat sipil untuk melewati "batas suara" di Amerika Serikat di bawah peraturan dari Federal Aviation Administration (FAA), sehingga semua mata tertuju kepada pihak militer. Namun, menurut laporan dari ABC News, tiga pangkalan udara militer terbesar dan organisasi di east coast, yaitu McGuire Air Force Base, U.S. Federal Aviation Administration, and North American Aerospace Defense Command, membantah telah menguji pesawat supersonik mereka pada hari itu.


Setelah beberapa jam berada dalam kondisi panik dan bingung, Angkatan Laut AS kemudian menegaskan bahwa mereka lah yang selama ini melakukannya. NBC News melaporkan bahwa Angkatan Laut Amerika Serikat telah mengkonfirmasi bahwa mereka sedang melakukan tes uji coba pada jet tempur supersonik F-35C di atas Samudera Atlantik pada Kamis sore.


Diterjemahkan secara bebas dari:
http://www.iflscience.com/physics/mysterious-rumblings-east-coast-us-were-sonic-booms-navy-jet

Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://bagikertas.blogspot.co.id/ sebagai sumber artikel.

Terima kasih telah berkunjung ke Bagi Kertas.
Facebook Page: Bagi Kertas
Twitter: Bagi Kertas
Youtube Channel: Bagi Kertas
Instagram: @bagikertasnya
Line ID: @zvs4518b

1 komentar:

  1. mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq.club...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.
    WwW-AJoQQ.club| bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    ReplyDelete