Cina Berencana Untuk Mendaratkan Probe Pertamanya Di Sisi Terjauh Bulan Pada Tahun 2018


Manusia di bumi telah mengirim berbagai probe untuk mengeksplorasi bulan sejak tahun 1959. Namun, dalam kurun waktu 57 tahun tersebut, sisi terjauh dari satelit alami bumi ini tetap tidak tersentuh oleh jejak manusia maupun probe dan sejenisnya. Walaupun begitu, sekarang Cina punya harapan untuk mengubah hal itu.

Menurut media pemerintah Cina Xinhua News Agency, Cina berencana untuk melakukan eksplorasi ke sisi terjauh bulan pada tahun 2018, seperti yang dilansir oleh Reuters. Chang'e-4, sebuah probe tanpa awak yang namanya diambil berdasarkan nama dewi bulan dalam mitologi Cina, akan menjelajah dan mensurvei struktur geologi tanah bulan yang sampai saat ini masih belum dipetakan.

Sisi terjauh bulan, wilayah bulan yang belum pernah dieksplorasi umat manusia.

Sisi terjauh bulan, yang tidak pernah menghadap ke Bumi ini, dapat dilihat dalam gambar-gambar yang diambil dari wahana antariksa. Foto pertamanya diambil pada tahun 1959, ketika Uni Soviet mengerahkan pesawat luar angkasanya, yaitu Luna 3 (Luna 3 spacecraft).

Foto sisi terjauh bulan pertama yang diambil oleh pesawat luar angkasa Uni Soviet Luna 3 (klik untuk memperbesar).

Hingga saat ini kita belum pernah menjelajahi sisi terjauh bulan karena sinyal komunikasi yang penting dari dan ke bumi pada dasarnya terhalang (blocked out). Dengan demikian, agar nantinya probe dapat berhubungan dengan bumi, satelit atau pesawat luar angkasa lainnya juga perlu diluncurkan ke orbit bulan, sehingga sinyal dari dan ke bumi dapat disampaikan. Namun, dengan alasan ini Cina justru ingin membangun basis luar angkasa disana, seiring dengan adanya perlindungan terhadap aliran konstan radio interface bumi yang membuat teleskop radio mendapatkan gambaran alam semesta secara lebih jelas.

Sisi terjauh bulan dilihat secara lebih dekat dari pesawat luar angkasa Luna 3.

Presiden Cina, Xi Jinping, telah menyatakan bahwa eksplorasi luar angkasa menjadi prioritas nomor satu bagi Cina. Ia berharap nantinya program luar angkasa dapat dijadikan sebagai alat demonstrasi untuk meningkatkan kemakmuran ekonomi dan perkembangan teknologi mereka. Meskipun begitu, beberapa orang menganggap bahwa misi Cina untuk mengeksplorasi bulan ini hanya meniru misi luar angkasa sebelumnya yang dilakukan oleh Rusia dan Amerika. Namun, jika Chang'e-4 ini berhasil, maka Cina akan mendapatkan tempat sebagai pemain baru yang besar dalam permainan eksplorasi luar angkasa.


Diterjemahkan secara bebas dari:
http://www.iflscience.com/space/china-aims-visit-far-side-moon-2018

Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://bagikertas.blogspot.co.id/ sebagai sumber artikel.

Terima kasih telah berkunjung ke Bagi Kertas.
Facebook Page: Bagi Kertas
Twitter: Bagi Kertas
Youtube Channel: Bagi Kertas
Instagram: @bagikertasnya
Line ID: @zvs4518b

3 komentar:

  1. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14f5

    ReplyDelete
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    ReplyDelete
  3. HIDUPMU AKAN LEBIH BAHAGIA SETELAH BERGABUNG DI DEWALOTTO
    BURUAN DAFTARKAN DIRI ANDA SEKARANG JUGA !

    ReplyDelete