Penyebab Rambut Rontok dan Kebotakan


Sampai saat ini, obat untuk mencegah kebotakan di usia tua masih belum sepenuhnya ditemukan. Namun, sepertinya sedikit demi sedikit kita mulai menemukan solusi, karena para ilmuwan sekarang telah mendapatkan petunjuk tentang penyebab kebotakan yang berkaitan dengan faktor usia (bukan pola pria), menurut sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Science.

Para ilmuwan dari Tokyo Medical and Dental University meneliti tikus yang mulai beranjak usia 18 bulan, kira-kira saat mereka mulai kehilangan bulu di tubuhnya. Para ilmuwan menemukan bahwa tikus yang mulai berusia 18 bulan ini memiliki folikel bulu yang lebih sedikit dan lebih kecil. Hal ini menunjukkan bahwa entah bagaimana, folikel bulu asli mereka telah berubah atau mengalami penurunan. Mereka kemudian mengulangi studi tersebut, namun kali ini pada manusia yang berusia antara 55 dan 70 tahun. Tanpa memandang jenis kelamin, para ilmuwan menemukan hasil yang sama.

Stem cells atau sel induk merupakan sel-sel “kosong” yang memiliki kemampuan untuk berubah menjadi hampir semua jenis sel-sel lain. Stem cell juga bertanggung jawab dalam pertumbuhan rambut pada folikel rambut.

Selain pria, wanita juga seringkali mengalami kebotakan dan rambut rontok.

Mereka menemukan bahwa kerusakan DNA, yang terakumulasi dengan bertambahnya usia, telah menjadi penyebab rusaknya protein kolagen yang disebut COL17A1, sebuah molekul penting yang berfungsi untuk mengatur dan merawat sel induk folikel rambut. Karena sel induk mengalami kekurangan protein kolagen COL17A1, maka folikel rambut mulai menyusut dan berubah menjadi epidermal keratinocytes. epidermal keratinocytes adalah salah satu jenis sel yang membentuk 90 persen lapisan luar dari kulit kita.

Dari penemuan ini, para ilmuwan menyimpulkan bahwa dengan mempertahankan tingkat protein kolagen COL17A1, maka ada kemungkinan kita bisa membantu meringankan penuaan folikel rambut ini dan mengurangi rambut rontok yang berkaitan dengan usia. Meskipun begitu, mungkin yang lebih menarik lagi, mereka berharap temuan mereka tentang sel induk folikel rambut ini dapat digunakan sebagai model untuk mempelajari penuaan pada organ lainnya.

Dalam laporan studi tersebut, para peneliti mengatakan, "Paradigma ini berpotensi membuka jalan baru untuk pengembangan strategi anti-aging demi mencegah dan mengobati penyakit akibat bertambahnya usia (penuaan)."


Diterjemahkan secara bebas dari:
http://www.iflscience.com/health-and-medicine/why-do-people-go-bald-old-age

Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://bagikertas.blogspot.co.id/ sebagai sumber artikel.

Terima kasih telah berkunjung ke Bagi Kertas.
Facebook Page: Bagi Kertas
Twitter: Bagi Kertas
Youtube Channel: Bagi Kertas
Instagram: @bagikertasnya
Line ID: @zvs4518b

2 komentar:

  1. mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq.club...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.
    WwW-AJoQQ.club| bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    ReplyDelete
  2. ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add pin bb 58ab14f

    ReplyDelete