Sebuah Asteroid Akan Melintas Dalam Jarak yang Sangat Dekat Dengan Bumi Pada Tanggal 5 Maret 2016


Siapkan teropong kalian! Karena sebuah asteroid akan terbang melewati bumi pada tanggal 5 Maret 2016, dan para ilmuwan mengatakan asteroid tersebut tidak akan sampai menabrak bumi. Asteroid akan melintas sangat dekat dengan planet kita.

Asteroid 2013 TX68 akan mampir pada jarak antara 14 juta kilometer (9 juta mil) dan 17.000 kilometer (11.000 mil), lebih rendah dari orbit satelit geostasioner. Namun, kemungkinannya juga sangat kecil bahwa benda luar angkasa tersebut akan menabrak benda apapun yang berada di orbit.

Asteroid ini baru terlacak beberapa tahun lalu, itulah mengapa terdapat ketidakpastian dalam penentuan jarak antara asteroid yang melintas dan bumi, karena parameter orbital pastinya tidak diketahui. Meskipun demikian, para astronom mampu mengukur kemungkinan benda luar angkasa ini menabrak bumi, baik sekarang maupun di masa yang akan datang.

Ketika asteroid tersebut akan kembali melintasi bumi sekitar tanggal 28 September, 2017, asteroid memiliki satu berbanding 250 juta kemungkinan untuk menabrak bumi, sementara lintasan selanjutnya pada tahun 2046 dan 2097 memiliki peluang yang bahkan lebih rendah dari sebelumnya. "Kemungkinan terjadinya tabrakan di salah satu dari tiga tanggal lintasan terbang di masa depan terlalu kecil untuk menjadi kekhawatiran yang nyata," kata Paul Chodas, manajer NASA’s Center for NEO Studies (CNEOS) di California, dalam sebuah pernyataan. "Saya sepenuhnya berharap pengamatan di masa depan akan dapat lebih mengurangi probabilitasnya."

Kemungkinan jarak dan lintasan antara asteroid dan bumi (klik gambar untuk memperbesar).

Asteroid yang melintasi bumi kali ini berukuran sekitar dua kali ukuran meteor Chelyabinsk yang meledak di Rusia pada bulan Februari tahun 2013, yang menciptakan kawah berdiameter sekitar 30 meter (100 kaki). Jika asteroid ini, entah bagaimana memasuki atmosfer, NASA mengatakan dampaknya akan menghasilkan airburst yang dua kali lebih besar dibandingkan Chelyabinsk, sehingga mampu memecahkan kaca jendela dan menimbulkan ratusan korban luka di Rusia.

Asteroid 2013 TX68.

Sementara kita aman pada kesempatan kali ini, asteroid yang akan melintas ini juga menjadi tanda bagi kita tentang perlunya melacak objek atau benda-benda luar angkasa di dekat bumi, sehingga kita memiliki pertahanan yang sesuai dan siap dalam suatu kasus jika sampai terjadi tabrakan. NASA baru-baru ini mendirikan kantor pertahanan asteroid terbaru guna melacak asteroid berbahaya secara lebih lanjut, dan terdapat beberapa rencana yang sedang disiapkan, beberapa diantaranya menggunakan ledakan nuklir untuk membelokkan asteroid, jika kita merasa perlu untuk melakukannya.

Jadi untuk saat ini, kita bisa tenang.


Diterjemahkan secara bebas dari:
http://www.iflscience.com/asteroid-flyby-earth-march-5-unnervingly-close-distance

Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://bagikertas.blogspot.co.id/ sebagai sumber artikel.

Terima kasih telah berkunjung ke Bagi Kertas.
Facebook Page: Bagi Kertas
Twitter: Bagi Kertas
Youtube Channel: Bagi Kertas
Instagram: @bagikertasnya
Line ID: @zvs4518b

3 komentar:

  1. mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq.club...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.
    WwW-AJoQQ.club| bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    ReplyDelete
  2. ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add pin bb 58ab14f

    ReplyDelete
  3. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di fanspoker.com
    add pin bb 55F97BD0 ditunggu ya

    ReplyDelete