Rover Yutu dan Lander Cina Rilis Ratusan Foto Permukaan Bulan Berkualitas High Definition


Pada tanggal 14 Desember 2013, rover Yutu dan lander bulan milik Cina, yang juga dikenal dengan sebutan “Jade Rabbit,” mendarat di permukaan Bulan dan menjadi pendaratan pertama di bulan sejak Luna 24 milik Uni Soviet pada tahun 1976. Dan sekarang, Cina telah merilis ratusan gambar beresolusi tinggi dari misi suksesnya untuk mengungkapkan pemandangan permukaan bulan.

Semua foto telah tersedia di situs China National Space Administration (CNSA), meskipun situs itu sendiri agak sulit untuk dijelajahi. Untungnya, Emily Lakdawalla dari The Planetary Society telah menyimpan semua gambar dari kedua pendarat dan rover Cina tersebut dan mengunggahnya secara online, sehingga dapat kita lihat.

Terdapat banyak sekali gambar yang dapat kita lihat secara detail. Beberapa foto memperlihatkan permukaan bulan yang kasar dan berwarna abu-abu, dengan langit gelap di atasnya. Tentu saja, bintang tidak terlihat di dalam foto-foto tersebut karena terhalang oleh cahaya permukaan bulan, sama seperti anda yang tidak dapat melihat bintang di langit malam ketika terdapat lampu jalan.

Beberapa gambar menarik lainnya menunjukkan rover Cina yang sedang berjalan di permukaan bulan, dengan laju yang ditandai oleh jejak rodanya. Foto lainnya menunjukkan beberapa formasi batuan memukau, seperti yang berada di Bumi, pada permukaan di dekat lokasi pendaratan, kawah Zi Wei (Purple Palace dalam bahasa Inggris).

Ini adalah Lander milik Cina yang difoto dari rover Yutu.

Suhu udara malam di bulan yang sangat dingin, yang berlangsung selama dua minggu, beberapa kali telah membuat rover menjadi tidak bisa bergerak pada awal tahun 2014. Namun, kedua rover dan pendarat tersebut masih tetap berkomunikasi dengan Bumi dan terus memberikan data permukaan bulan kepada para ilmuwan.

Detail foto yang diambil benar-benar menakjubkan (klik gambar untuk memperbesar).

Diantara beberapa penemuannya, rover Yutu berhasil menemukan suatu jenis batuan baru yang memiliki kandungan silikon oksida rendah, tinggi besi oksida, dan sejumlah titanium dioksida, sesuatu yang belum pernah ditemukan di permukaan bulan sebelumnya. Penemuan ini memberikan bukti adanya kemungkinan dampak yang besar selama pembentukan mantel bulan.

Misi ini akan terus dikembangkan lagi dengan menggunakan rover terbaru bernama Chang'e-5, pada tahun 2017. Rover ini akan mencoba untuk mendarat di bulan dan mengambil sampel bulan untuk dikirim ke Bumi untuk pertama kalinya semenjak pengambilan pertama di tahun 1976. Pada tahun 2018, China juga ingin menjadi negara pertama yang mendaratkan rovernya di sisi terjauh bulan (sisi gelap bulan).


Diterjemahkan secara bebas dari:
http://www.iflscience.com/space/china-releases-hundreds-images-its-moon-mission

Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://bagikertas.blogspot.co.id/ sebagai sumber artikel.

Terima kasih telah berkunjung ke Bagi Kertas.
Facebook Page: Bagi Kertas
Twitter: Bagi Kertas
Youtube Channel: Bagi Kertas
Instagram: @bagikertasnya
Line ID: @zvs4518b

2 komentar:

  1. mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq.club...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.
    WwW-AJoQQ.club| bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    ReplyDelete
  2. ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add pin bb 58ab14f

    ReplyDelete