Organisasi Kesehatan Dunia WHO Tetapkan Virus Zika Sebagai Darurat Kesehatan Global


Pada hari Senin, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya menyatakan virus Zika sebagai Darurat Kesehatan Internasional. Penetapan status ini merupakan sebuah langkah yang jarang dilakukan terkait dengan "ledakan" penyebaran virus yang dibawa oleh nyamuk.

Virus Zika sekarang telah ditemukan di lebih dari 20 negara di Amerika, dan sampai hari ini masih belum ada vaksin atau pengobatan yang efektif untuk mengatasinya. Meskipun sebagian besar kasus infeksi yang terjadi hanya berupa sedikit gejala ringan, namun virus ini menjadi ancaman bagi wanita hamil. Virus ini memiliki kaitan dengan cacat lahir, khususnya microcephaly (kondisi neurologis dimana bayi lahir dengan kepala kecil yang abnormal). Hingga saat ini, kaitan terhadap microcephaly masih berupa dugaan kuat, belum terbukti secara jelas.

"Setelah meninjau beberapa bukti, para ahli menyatakan bahwa cacat lahir microcephaly dan komplikasi neurologis lainnya merupakan suatu peristiwa luar biasa dan ancaman bagi kesehatan masyarakat dunia," kata Direktur Jenderal WHO Margaret Chan pada konferensi pers di Jenewa. Dia menambahkan bahwa "respon internasional diperlukan untuk meminimalisasi ancaman di negara-negara yang terinfeksi dan mengurangi risiko penyebaran virus secara internasional."

Menurut estimasi WHO, hingga akhir tahun ini kemungkinan akan terdapat 4 juta kasus virus Zika. Di Brazil sendiri, telah ditemukan lebih dari 4.000 kasus mikrosefali sejak bulan Oktober.

Penderita microcephaly.

Pertama kali ditemukan pada tahun 1947, peningkatan drastis terhadap cacat lahir microcephaly pada anak-anak yang baru lahir baru-baru ini ditambah dengan adanya Guillain-Barre syndrome (kelainan langka dimana perifer saraf mengalami kerusakan sistem dan menyebabkan otot melemah) yang menyerang orang dewasa telah menciptakan kondisi yang memprihatinkan. Setelah mendapat kritik keras atas reaksi mereka terhadap wabah virus Ebola, kini para pejabat WHO mengambil sikap yang jauh lebih tegas.

"WHO harus mengambil langkah yang sangat serius demi menjaga reputasi mereka," kata Dr Ron Waldman, seorang profesor kesehatan global dari George Washington University kepada The New York Times. "Selain harus sadar politik, mereka juga harus memberikan sains yang tepat. Mereka tidak memiliki banyak ruang untuk melakukan kesalahan."

Keadaan darurat dinyatakan WHO ketika mereka percaya bahwa dibutuhkan lebih banyak sumber daya dan upaya untuk mencegah meningkatnya wabah secara lebih lanjut. WHO juga saat ini memberikan travel warning dan mengkoordinasikan upaya-upaya dalam memerangi penyebaran virus Zika.


Diterjemahkan secara bebas dari:
http://www.iflscience.com/health-and-medicine/who-declares-zika-virus-global-health-emergency

Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://bagikertas.blogspot.co.id/ sebagai sumber artikel.

Terima kasih telah berkunjung ke Bagi Kertas.
Facebook Page: Bagi Kertas
Twitter: Bagi Kertas
Youtube Channel: Bagi Kertas
Instagram: @bagikertasnya
Line ID: @zvs4518b

3 komentar:

  1. Ever wanted to get free Instagram Followers and Likes?
    Did you know you can get these ON AUTO-PILOT AND ABSOLUTELY FOR FREE by registering on Like 4 Like?

    ReplyDelete
  2. mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq.club...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.
    WwW-AJoQQ.club| bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    ReplyDelete
  3. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di fanspoker.com
    add pin bb 55F97BD0 ditunggu ya

    ReplyDelete