Gorilla, Primata Terbesar yang Masih Hidup di Bumi

 


Gorilla, hewan yang 98 persen DNA-nya sama dengan manusia.


Sangat wajar jika gorila terkenal karena ukurannya yang besar, karena faktanya mereka adalah primata terbesar yang masih hidup di bumi. Gorila terdiri dari 2 spesies, yaitu gorila barat (Gorilla gorilla) yang hidup di Afrika sebelah barat dan gorila timur (Gorilla beringei) yang hidup di sebelah timur.


Foto: worldwildlife.org


Kedua spesies tersebut punya ciri fisik yang sangat mirip. Live Science menyebut bahwa secara umum, gorila memiliki tinggi hingga 180 cm. Yang istimewa adalah lengannya. Seperti hewan primata pada umumnya, lengan gorila lebih panjang daripada kakinya. Bentang lengan gorila jantan bisa mencapai 2,6 meter!

Berat gorila pun gak kalah menakjubkan. Gorila yang hidup di dataran rendah memiliki berat hingga 180 kg. Sedangkan gorila pegunungan biasanya lebih berat, dengan bobot hingga lebih dari 200 kg.

Dengan ukuran yang besar, tentu gorila punya kekuatan yang besar pula. Laman Discover Wildlife menyebut bahwa kekuatan gorilla diperkirakan sekitar 4 hingga 10 kali lebih kuat daripada manusia. Kekuatan gigitan mereka pun luar biasa, yaitu sekitar 1.300 psi. Itu dua kali lebih kuat daripada kekuatan gigitan singa lho!

Seekor gorila betina bernama Koko diajari bahasa isyarat sejak umur 1 tahun, dan ketika usianya 40 tahun ia sudah bisa menggunakan 1.000 isyarat dan mengerti 2.000 kata bahasa inggris.

Pernah gak makan upil?

Sumber: IDN Times

1 komentar: