Saki Tamogami, Wanita Jepang yang Hidup dengan Rp26 Ribu Sehari, Kini Bisa Beli 3 Rumah Mewah

 


Seorang wanita di Jepang pensiun dini di usia 34 tahun. Bukan karena dipensiunkan kantor atau dipecat, tapi dia sudah memiliki kestabilan finansial, sehingga punya cukup harta untuk menghidupi diri sendiri sampai tua.

Wanita yang diketahui bernama Saki Tamogami ini memang sehari-harinya hidup sederhana dan selalu berhemat. Selama 16 tahun, dia hanya menghabiskan uang 200 yen atau sekitar Rp 26 ribu per hari. Kebiasaan itu membuat dia bisa menabung dan mempunyai dana cukup untuk pensiun di usia muda.

Bagaimana bisa Saki hidup dengan uang makan Rp 26 ribuan per hari? Seperti diberitakan Mashable, dia tidak pernah membeli baju sejak usianya 18 tahun. Baju-baju yang dipakai sehari-harinya merupakan lungsuran atau pemberian orang.

Sementara untuk makan dia biasanya memasak udon dengan sayuran, yang hanya memakan biaya 25 yen atau sekitar Rp 3.300.

"Selagi bisa mengisi perut, apa yang aku makan tidak terlalu berbeda," katanya.

Pada usia 29 tahun dia bahkan memotong rambutnya sendiri dan menjualnya untuk mendapatkan uang tambahan sebesar Rp 416 ribu.

Berkat gaya hidup serba irit, Saki bisa menumpuk pundi-pundi uang yang digunakannya untuk membeli tiga rumah, seharga total 55 juta yen atau sekitar Rp 7,3 miliar. Dia juga mendirikan kafe khusus pecinta kucing.

Rumah-rumah tersebut dibeli untuk kemudian disewakan. Dari sewa rumah, Saki bisa mendapatkan penghasilan 300 ribu yen (Rp 40 jutaan) per bulan, sehingga ia merasa tak perlu lagi bekerja setiap hari.

Saki memang punya impian bisa pensiun sebelum usianya menginjak 35 tahun. Berkat tekad kuat untuk berhemat ia pun berhasil mewujudkannya.

"Simpan tenaga dan uangmu untuk sesuatu yang kamu suka; hanya dengan begitu, baru dikatakan kamu bisa bertanggung jawab terhadap dirimu sendiri," tuturnya.

Caption by Detik

0 komentar:

Post a Comment