Terungkap! Lokasi Jatuhnya Roket Misi Luar Angkasa Apollo 16 Di Bulan


Sebagai salah satu bagian dari misi Apollo 16 pada tahun 1972, yaitu roket yang terpasang pada Saturn V sebagai penguat ketiga SIVB dengan sengaja menabrakkan diri ke permukaan bulan setelah roket tersebut berhasil mendorong para awak menuju ke orbit bulan. Terpendam di suatu tempat di permukaan bulan, para ilmuwan NASA kemudian kehilangan jejak dari roket tersebut dan lokasinya masih tetap menjadi misteri sejak saat itu.

Penguat SIVB yang berukuran 17.7 meter atau sekitar 58 kaki tersebut membawa beberapa persediaan, seperti hidrogen cair, tangki oksigen cair, dan sebuah mesin J2. Mungkin beberapa orang akan beranggapan bahwa dengan menabrakkannya ke bulan akan terlihat seperti membuang sampah luar angkasa secara sembarangan, tabrakan tersebut justru dimaksudkan untuk mengukur aktivitas seismik dengan harapan nantinya para peneliti dapat belajar lebih banyak mengenai permukaan bulan.

Lokasi penemuan roket Misi Apollo 16.

Empat puluh tiga tahun setelah kejadian tabrakan, akhirnya lokasi dimana roket tersebut berada telah ditemukan oleh Jeff Plescia, seorang ahli fisika dan ahli geologi dari Johns Hopkins University, Baltimore. Ia menemukan adanya bekas goresan pada bulan melalui gambar beresolusi tinggi yang diambil oleh NASA Lunar Reconnaissance Orbiter.

"Saya akhirnya menemukan kawah dimana Apollo 16 SIVB berada," kata Plescia kepada Inside Outer Space. "Bentuk roket tersebut memang masih terlihat seperti roket yang lainnya, akan tetapi posisi dimana roket tersebut jatuh ke kawah ini jauh lebih sulit untuk dikenali sejak terjadinya tabrakan dan dampak yang ditimbulkan dari tabrakan itu menyebabkan hilangnya roket tersebut."


Yang lebih menariknya lagi, roket ini bukan satu-satunya artefak yang ditinggalkan di bulan oleh misi Apollo 16. Bersamaan dengan peralatan lain yang digunakan selama misi ke bulan, astronot Charles Duke juga meninggalkan foto keluarga, anak-anak dan istrinya. Kemudian pada bagian belakang foto, ia menulis, "Ini adalah foto keluarga astronot Charlie Duke dari planet Bumi yang mendarat di bulan pada tanggal 20 April 1972."

Foto keluarga astronot Charles Duke.

"Saya selalu berencana untuk meninggalkan foto ini di bulan," kata Duke kepada Business Insider. "Jadi ketika saya menjatuhkannya, hal itu saya lakukan hanya untuk menunjukkan kepada anak-anak bahwa saya memang benar-benar meninggalkannya di bulan."


Diterjemahkan secara bebas dari:
http://www.iflscience.com/space/lost-lunar-crash-site-apollo-16-mission-has-been-found
http://www.sciencealert.com/there-s-a-hidden-message-written-on-the-back-of-this-family-portrait-left-on-the-moon

Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://bagikertas.blogspot.co.id/ sebagai sumber artikel.

Terima kasih telah berkunjung ke Bagi Kertas.
Like juga Facebook Page: Bagi Kertas
Follow Twitter: Bagi Kertas

0 komentar:

Post a Comment