"Biohackers" Memasangkan LED Ke Dalam Tangan Mereka


Transhumanisme tidak hanya dipelajari dan dilakukan dalam ilmu kedokteran dan sains saja, namun ternyata juga memiliki estetika sendiri.

"Biohackers" telah menemukan cara baru untuk mengembangkan tubuh mereka, yaitu dengan menggunakan teknologi implan. Sekelompok orang telah memiliki "Northstar V1" chip, disc LED seukuran koin besar yang dimasukkan ke dalam tangan mereka. Ketika chip tersebut diaktifkan oleh magnet, maka lampu LED akan menyala.

Tiga orang tersebut melakukan implan "Northstar V1" chip pada Cyborg Fair di Dusseldorf, Jerman. Proses penanaman chip yang dilakukan di jerman tersebut melibatkan operasi pembedahan kecil dalam waktu sekitar 15 menit, yang dilakukan oleh Jowan Ă–sterlund, seorang seniman tato asal Swedia.

Perangkat ini merupakan sebuah gagasan yang dikembangkan oleh Grindhouse Wetware, sebuah organisasi yang mengklaim diri mereka sebagai "sekelompok programmer, insinyur, dan para penggemar teknologi," yang kemudian memproklamirkan diri dan berharap agar dapat memadukan perkembangan teknologi yang digunakan saat ini bersama dengan etos punk, yaitu modifikasi tubuh.

Saat Motherboard mewawancarainya, kelompok itu mengatakan: "Kami mempunyai misi untuk mengubah fiksi ilmiah menjadi kenyataan. Untuk melakukannya, kami memiliki sebuah penelitian penting yang telah dilakukan selama satu dekade. Orang-orang yang tergabung di dalam Grindhouse Wetware bukanlah dari kalangan akademisi. Semua yang kami lakukan adalah tentang semangat, hobi, dan ilmu pengetahuan umum."

Lalu, mengapa ada orang yang mau mengembangkan alat ini? Apa tujuan mereka? Seiring dengan perkembangan teknologi implan pada tubuh manusia, Grindhouse Wetware juga menjelaskan kegunaan dari perangkat yang ditanam di dalam tangan ini. Bagi siapa saja yang bertanya-tanya apa tujuan dari perangkat ini diciptakan. Jawabannya adalah dengan menggunakan teknologi yang tertanam di tubuh, maka akan lebih mudah untuk mengukur data biomedis dari si pemakai alat tersebut.

"Meskipun begitu, perangkat yang kami kembangkan di Grindhouse ini adalah langkah pertama menuju bioteknologi yang lebih canggih, dan sebuah langkah menuju human-computer interfaces. Kami ingin memastikan bahwa teknologi di masa depan berada di tangan anda, terjangkau, dan mudah untuk didapatkan. "

Mereka juga saat ini sedang melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengembangan chip Northstar V1, yang akan menjadi perangkat yang dapat isi ulang dan dapat memiliki sensor pembaca gerakan, serta kemampuan Bluetooth, yang memungkinkan para pengguna untuk mengontrol perangkat elektronik ini dengan menggunakan gerakan tangan, serta menambahkan pola atau variasi warna LED.


Diterjemahkan secara bebas dari:
http://www.iflscience.com/chemistry/biohackers-insert-glowing-leds-their-hands

Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://bagikertas.blogspot.co.id/ sebagai sumber artikel.

Terima kasih telah berkunjung ke Bagi Kertas.
Like juga Facebook Page: Bagi Kertas

4 komentar:

  1. ayo bergabung diajoqq , silakan coba keberuntungan anda disini dan menangkan ratusan juta rupiah,hadiah menantikan
    anda silakan bergabung invite pin bb#58cd292c

    ReplyDelete
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    ReplyDelete
  3. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14

    ReplyDelete