Mengapa Terdapat Lubang Kecil di Jendela Pesawat Terbang?


Dengan melihat ke luar jendela pesawat, disertai dengan banyaknya waktu yang dilalui dan kumpulan awan sejauh mata memandang mungkin dapat membuat kita bertanya-tanya: Apakah kita sendirian di alam semesta ini? Bagaimana sebenarnya awal dari kehidupan ini? Apakah tujuan kita terlahir di bumi? Tetapi tunggu dulu, mengapa terdapat lubang-lubang kecil di jendela pesawat?

Berkat rasa penasaran Robbie Gonzalez dari io9, pertanyaan terakhir dari kalimat di atas mungkin akan terjawab. Setelah tidak berhasil menemukan jawaban yang benar-benar tepat di forum internet, ia akhirnya memutuskan untuk mencari langsung salinan pemeliharaan manual untuk Boeing 737 di Wikileaks dan menghubungi Marlowe Moncur, Direktur Teknologi dari GKN Aerospace, sebuah perusahaan kelas dunia yang berfokus pada bidang pengembangan desain jendela kabin penumpang pesawat terbang.

Seperti yang mungkin sudah anda duga sebelumnya, lubang kecil itu berfungsi untuk mengatur tekanan pada pesawat terbang.

Ia menemukan bahwa sebagian besar jendela kabin terdiri dari beberapa bagian, yaitu bagian luar, tengah dan panel bagian dalam yang semuanya terbuat dari bahan sintetis yang sangat kuat. Biasanya, bagian dari jendela kabin yang memiliki lubang kecil misterius adalah panel bagian tengah.


Hanya panel bagian luar dan tengah yang sebenarnya berfungsi sebagai struktural, sedangkan panel bagian dalamnya kebanyakan berfungsi sebagai failsafe dan untuk melindungi lapisan lainnya. Moncur mengatakan bagian tengah tersebut dibuat hanya untuk menjaga tekanan pada kabin pesawat terbang dalam suatu kondisi yang sangat langka, yaitu jika panel bagian luar mengalami retak.

Ketika pesawat terbang berada pada ketinggian 10.600 meter (35.000 kaki), tekanan yang didapatkan pesawat terbang tersebut sekitar 1,5 kilogram (£ 3,3) per inci persegi. Tekanan tersebut terlalu rendah bagi tubuh manusia untuk tetap berada dalam kondisi sadar, sehingga tekanan ini secara artifisial harus dipertahankan pada sekitar 3,5 kilogram (£ 8) per inci persegi. Tetapi tentu saja, jika kita ingin meningkatkan tekanan di dalam kabin, struktur pesawat terbang haruslah cukup kuat untuk menahan perbedaan tekanan antara tekanan eksternal dan tekanan internal.

Panel bagian luar adalah bagian yang paling tebal dari seluruh lapisan lainnya dan merupakan lapisan inti yang berinteraksi langsung dengan tekanan. Menurut Gonzalez, lubang kecil pada jendela pesawat bertindak sebagai "katup yang memungkinkan tekanan udara antara kabin penumpang dan tekanan udara pada panel luar dan panel tengah menjadi seimbang." Sederhananya, memastikan bahwa hanya panel terkuat, yaitu panel bagian luar yang menerima tekanan, sedangkan panel bagian tengah disiapkan hanya dalam kondisi darurat.

Fiuh, akhirnya kita telah menyelesaikan masalah yang tidak terlalu penting ini.


Diterjemahkan secara bebas dari:
http://www.iflscience.com/physics/what-little-hole-airplane-windows

Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://bagikertas.blogspot.co.id/ sebagai sumber artikel.

Terima kasih telah berkunjung ke Bagi Kertas.
Like juga Facebook Page: Bagi Kertas

3 komentar:

  1. ayo bergabung diajoqq , silakan coba keberuntungan anda disini dan menangkan ratusan juta rupiah,hadiah menantikan
    anda silakan bergabung invite pin bb#58cd292c

    ReplyDelete
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    ReplyDelete
  3. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14

    ReplyDelete