Kisah Seorang Pria yang Mengira Bayangannya Adalah Orang Asing


Ketika kita bercermin, kita melihat diri kita sendiri dan tahu itu bahwa itu adalah bayangan kita. Pada hewan, kemampuan untuk mengenali refleksi diri sendiri hanya dimiliki oleh sejumlah kecil hewan, termasuk gajah dan lumba-lumba. Namun dalam suatu kasus yang sangat jarang terjadi, jenis kesadaran diri ini bisa saja hilang, seperti kasus aneh yang terjadi pada seorang pria Prancis yang berpikir bahwa bayangannya adalah seorang laki-laki lain yang sedang berdiri di belakang cermin.

Anda mungkin pernah mendengar tentang face blindness sebelumnya, atau prosopagnosia, yang memiliki definisi sama seperti namanya, yaitu ketidakmampuan seseorang untuk mengenali wajah dan dalam beberapa kasus kelainan ini dapat meluas pada hal-hal lain, seperti binatang atau benda. Meskipun begitu, hal ini tidak  sepenuhnya sama dengan yang terjadi dengan orang ini, karena dia mampu mengenali wajah seseorang yang menatap ke arahnya, namun dia berpikir bahwa itu adalah wajah orang lain.

Seperti yang dijelaskan dalam jurnal Neurocase, pasiennya adalah seorang pria berumur 78 tahun, sebut saja "Mr. B.," yang dirawat di rumah sakit di Tours, Prancis, karena ia memiliki masalah perilaku dan psikologis. Semua berawal dari 10 hari sebelumnya ketika  Mr. B mulai melihat seorang pria aneh berdiri di belakang cermin kamar mandinya. Seorang kembaran dari Mr. B, memiliki wajah yang sama, mengenakan pakaian yang sama, dan memiliki postur tubuh yang sama. Anehnya, pasien ini sama sekali tidak mengetahui kalau pria yang ia lihat itu adalah bayangannya sendiri.


Mr. B kemudian mencoba berinteraksi dengan pria itu. Ia menemukan bahwa orang tersebut bahkan bertindak dengan cara yang sama, dan terkejut ketika mengetahui orang asing itu mengetahui begitu banyak hal tentangnya. Dia begitu yakin kalau tamu di kamar mandinya itu adalah orang sungguhan, bahkan Mr. B memberikan makanan dan jamuan kepadanya. Sampai pada akhirnya, Mr. B melaporkan pria di cerminnya itu karena mulai berperilaku agresif, dan pada tahap inilah putri Mr. B membawanya ke rumah sakit.

Di rumah sakit, Mr. B diberi health MOT untuk mencoba mencari tahu apa yang menyebabkan ia menjadi seperti ini. Tes yang dilakukan merupakan tes pada umumnya, seperti cek darah, serta memeriksa tanda-tanda vital dan EEG. Scan MRI mengungkapkan terjadi beberapa penyusutan di belakang otak dan ia memiliki indikasi penyakit Alzheimer. Penulis Capucine Diard-Detoeuf mengatakan kepada LiveScience, Mr. B kemudian diresepkan obat anti-kecemasan karena ia terlihat cukup stres setelah tinggal bersama orang asing di cermin kamar mandinya dan ia juga diberikan obat anti-psikotik untuk psikosisnya. Perawatan yang dilakukan akhirnya berhasil, tiga bulan kemudian ia tidak lagi mengalami delusi tersebut.

Jadi apa yang sebenarnya terjadi pada Mr. B? Para penulis Capucine kemudian menjelaskan dua kasus serupa yang pernah didokumentasikan lebih dari 20 tahun yang lalu, melibatkan dua orang perempuan yang keduanya mengalami degenerasi di bagian otak, dan ketika keduanya melihat bayangannya di cermin, mereka menganggapnya sebagai orang lain. Kesalahan dalam hal pengenalan ini didiagnosis sebagai bentuk yang tidak biasa dari sindrom Capgras, yaitu suatu keyakinan delusional yang menyebabkan seseorang merasa kerabat dekat atau temannya telah digantikan oleh seorang penipu yang menyamar.


Pengenalan wajah melibatkan dua jalur saraf yang berbeda: "terbuka" atau pengenalan secara sadar, dan pengenalan "tertutup”, yang dilakukan tanpa kesadaran. Orang dengan prosopagnosia kehilangan pengenalan secara sadarnya, namun masih memiliki respon terhadap wajah-wajah yang familiar karena adanya pengenalan tanpa sadar, yang kemudian menghasilkan rasa akrab. Tetapi dalam kasus Mr. B dan laporan lain yang sejenis, para penulis menyimpulkan adanya kemungkinan bahwa kedua jalur ini terganggu, dan kemudian menimbulkan suatu sindrom Capgras atipikal (tidak normal).


Diterjemahkan secara bebas dari:
http://www.iflscience.com/brain/curious-case-man-who-thought-his-reflection-was-stranger

Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://bagikertas.blogspot.co.id/ sebagai sumber artikel.

Terima kasih telah berkunjung ke Bagi Kertas.
Like juga Facebook Page: Bagi Kertas

4 komentar:

  1. ayo bergabung diajoqq , silakan coba keberuntungan anda disini dan menangkan ratusan juta rupiah,hadiah menantikan
    anda silakan bergabung invite pin bb#58cd292c

    ReplyDelete
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    ReplyDelete
  3. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14

    ReplyDelete
  4. Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.COM
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 8 games
    pin BB : D_8_E_B_A_A_7_C

    ReplyDelete