Waspada! Inilah Penyebab Mata Merah Saat Berenang


Berdasarkan sebuah laporan terbaru dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ternyata bukan klorin dalam kolam renang yang menyebabkan mata kita menjadi merah dan gatal setelah berenang, namun hal itu disebabkan oleh air pipis. Dengan adanya laporan terbaru ini, anda mungkin akan berpikir dua kali untuk berenang tanpa menggunakan kacamata renang.

Bersama dengan Water Quality and Health Council dan National Swimming Pool Foundation, CDC ingin semua orang tahu mengenai fakta menjijikkan yang kita dapatkan ketika kita sedang berenang.

Terdapat suatu kesalahpahaman umum pada masyarakat yang menganggap bahwa klorin dapat segera menghilangkan semua bakteri maupun kotoran yang mungkin terbawa oleh orang-orang yang sedang berenang di kolam renang. Direktur dari CDC’s Healthy Water Program, Dr. Michael Beach menjelaskan kepada Women's Health bahwa "Klorin berfungsi untuk mengikat semua zat yang dapat membahayakan tubuh, dan kemudian zat yang terikat bersama klorin tersebut menyebabkan iritasi kimia. Itulah yang masuk ke dalam mata anda, yaitu klorin yang mengandung urin dan keringat."

Setiap kuman yang berada di air kolam renang pada umumnya membutuhkan waktu hingga dapat dihancurkan dengan adanya klorin. Contohnya adalah parasit Cryptosporidium yang dapat menyebabkan diare. Klorin membutuhkan waktu lebih dari 10 hari membunuh parasit ini, sedangkan bakteri E. coli di air kolam renang dapat dihilangkan dalam waktu kurang dari satu menit.


Menurut penelitian yang dilakukan oleh Beach, terjadi peningkatan wabah penyakit diare yang disebabkan karena air kolam renang umum yang kotor. Mereka yang berenang saat menderita penyakit diare berpotensi membuat orang lain juga ikut terinfeksi. Orang-orang ini tidak harus benar-benar pup di kolam renang, tetapi semua kuman yang berada pada tubuh mereka dapat menyebar ke dalam tubuh orang lain saat berenang di kolam yang sama. Inilah sebabnya mengapa CDC sangat menganjurkan kepada orang-orang yang ingin berenang agar mandi terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam kolam renang.

Jika fakta menjijikkan ini tidak cukup untuk membuat anda tidak pergi berenang lagi selama seumur hidup, maka CDC telah memberikan langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan oleh setiap orang untuk mencegah penyakit dan tetap sehat saat berenang, yaitu sebagai berikut.

Langkah-langkah Berenang yang Sehat: Perlindungan Terhadap Recreational Water Illnesses (RWIs)
 
Kita dapat memilih untuk berenang secara sehat! Kita dapat membantu mencegah masuknya kuman ke dalam kolam renang saat berenang. Ingat, klorin dan desinfektan lain tidak membunuh kuman secara langsung. Selain itu, percampuran klorin dengan air pipis dan keringat di dalam kolam renang justru akan membawa kuman serta penyakit.


Kita semua berbagi air yang sama saat berenang dan masing-masing dari kita perlu untuk melakukan sesuatu agar diri kita, keluarga, dan teman-teman tetap sehat. Untuk membantu melindungi diri sendiri dan perenang lainnya dari kuman, berikut adalah beberapa langkah mudah dan efektif bagi semua perenang yang dapat dilakukan setiap kali kita berenang.

Menjaga agar pipis, pup, keringat, dan kotoran tidak masuk ke dalam air!
  • Tidak ikut berenang jika anda sedang diare.
  • Mandilah sebelum anda masuk ke dalam air.
  • Jangan buang air kecil atau kotoran di dalam air.
  • Jangan menelan air kolam renang.

Setiap 1 jam, semua orang keluar dari air!
  • Mengajak anak-anak untuk sejenak beristirahat di luar kolam renang.
  • Memeriksa popok bayi dan/atau menggantinya di kamar mandi, bukan di sisi kolam renang agar menjaga kuman tidak masuk ke dalam kolam renang.
  • Mengoleskan kembali sunscreen.
  • Perbanyak minum air.

Memeriksa tingkat bebas klorin dan pH sebelum masuk ke air.
  • Kolam renang: Tingkat bebas klorin (1-3 mg/L atau ppm) dan pH (7,2-7,8) yang tepat dapat memaksimalkan kekuatan untuk membunuh kuman.
  • Hot tub/spa: tingkat disinfektan yang tepat (klorin [2-4 ppm] atau bromin [4-6 ppm] dan pH [7,2-7,8]) dapat memaksimalkan kekuatan untuk membunuh kuman.
  • Biasanya supermarket, toko hardware, dan toko peralatan kolam renang menjual strip untuk mengetes kadar air di kolam renang.

Think Healthy. Swim Healthy. Be Healthy!


Diterjemahkan secara bebas dari:
http://www.iflscience.com/health-and-medicine/cdc-reveals-your-eyes-dont-itch-after-swimming-because-chlorine-its-pee-pol
http://www.cdc.gov/healthywater/swimming/protection/steps-healthy-swimming.html
  
Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://bagikertas.blogspot.co.id/ sebagai sumber artikel.

Terima kasih telah berkunjung ke Bagi Kertas.
Like juga Facebook Page: Bagi Kertas

3 komentar:

  1. ayo bergabung diajoqq , silakan coba keberuntungan anda disini dan menangkan ratusan juta rupiah,hadiah menantikan
    anda silakan bergabung invite pin bb#58cd292c

    ReplyDelete
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    ReplyDelete
  3. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14

    ReplyDelete