Mengapa Tarantula Berwarna Biru?


Kita semua mungkin tidak pernah benar-benar memperhatikan tarantula dari dekat dalam waktu yang cukup lama, tetapi sebenarnya kebanyakan dari tarantula adalah berwarna biru. Menurut sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Science Advances minggu ini, rona kehidupan dari seekor hewan didorong oleh adanya seleksi alam, bukan berdasarkan seleksi seksual seperti yang beberapa orang duga sebelumnya.

Keberagaman warna yang ditampilkan oleh seekor hewan, mulai dari bulu burung merak hingga corak warna pada sayap kupu-kupu, diproduksi melalui adanya penyerapan gelombang panjang dari cahaya tertentu oleh pigmen atau dihasilkan oleh hamburan cahaya dari struktur nano pada bagian-bagian tubuh hewan yang berwarna-warni (atau kombinasi dari keduanya). Sementara seleksi seksual biasanya meningkatkan keberagaman warna, seleksi alam biasanya cenderung untuk mengurangi keberagaman warna tersebut. Spesies hewan yang menjadi mangsa dari predator mengandalkan kemampuannya untuk tetap tersembunyi, seringkali memiliki corak warna tubuh yang sama. Meskipun begitu, coraknya tidak selalu berwarna hitam dan putih jika kita perhatikan. Warna kemungkinan memiliki fungsi praktis seperti regulasi terhadap panas dan terkadang perpaduan warna ini merupakan hasil sampingan dari sebuah proses penciptaan, bukan hasil yang utama. Membedakan antara efek dari seleksi seksual dan seleksi alam pada warna dapat menjadi suatu hal yang menantang. Itulah sebabnya mengapa hewan dengan kapasitas visual yang terbatas memberikan kesempatan unik bagi para peneliti untuk menyelidiki bagaimana warna berevolusi melalui seleksi alam, tanpa terganggu dengan adanya pengaruh seleksi seksual.

Greenbottle tarantula

Kebanyakan tarantula adalah predator penyergap di malam hari yang mengandalkan strategi mengendap-endap untuk menangkap mangsanya. Mereka biasanya tinggal di lubang-lubang atau liang yang terdapat di pedalaman hutan tropis, dan mereka melakukan navigasi dengan menggunakan indera yang disebut chemotactile. Meskipun tarantula memiliki delapan mata seperti kebanyakan jenis laba-laba lainnya, tetapi sebenarnya mereka memiliki penglihatan yang buruk. Meskipun begitu, tarantula memiliki sesuatu pada tubuhnya yang dapat dibanggakan, yaitu kulit berwarna biru cerah yang dihasilkan oleh struktur nano di tiap-tiap bulu tarantula yang melekat pada exoskeleton. Struktur nano inilah yang kemudian memantulkan cahaya biru.

Sebuah tim yang dipimpin oleh University of Akron’s Bor-Kai Hsiung mensurvei warna dari 53 genera tarantula menggunakan gambar digital yang diperoleh melalui pencarian Google dan Flickr. Empat puluh genera diantaranya memiliki warna biru. Tim ini kemudian menganalisa spesimen dari delapan spesies tarantula (yang dibeli dari penjual swasta) menggunakan mikroskop elektron dan teknik yang disebut reflectance spectroscopy. Warna biru yang mereka temukan, berevolusi setidaknya sebanyak delapan kali secara independen pada tarantula melalui tiga mekanisme yang berbeda. Corak biru yang terdapat pada tubuh tarantula terdapat dalam kisaran 20-nanometer di sekitar 450 nanometer.


Tetapi tidak seperti kebanyakan hewan dengan warna mencolok lainnya, tarantula tidak memamerkan warna birunya dalam pancaran visual, mereka malah sangat tergantung pada isyarat getaran dan kimiawi. Bahkan, warna biru seringkali muncul hanya pada masa awal tarantula yang belum dewasa secara seksual, dan ketika mereka mencapai kedewasaan, beberapa tarantula akan kehilangan warna birunya saat berganti bulu. Selain itu, tarantula juga sama sekali tidak dapat melihat gelombang cahaya biru dengan baik. Dengan adanya kedua temuan ini, para peneliti kemudian berkesimpulan bahwa warna biru pada tarantula tidak mungkin terjadi secara seksual, tetapi berdasarkan seleksi alam.


Diterjemahkan secara bebas dari:
http://www.iflscience.com/plants-and-animals/why-are-tarantulas-blue

Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://bagikertas.blogspot.co.id/ sebagai sumber artikel.

Terima kasih telah berkunjung ke Bagi Kertas.
Like juga Facebook Page: Bagi Kertas

4 komentar:

  1. ayo bergabung diajoqq , silakan coba keberuntungan anda disini dan menangkan ratusan juta rupiah,hadiah menantikan
    anda silakan bergabung invite pin bb#58cd292c

    ReplyDelete
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    ReplyDelete
  3. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14

    ReplyDelete
  4. AJOQQ menyediakan 8 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)

    ReplyDelete