Inilah Baju Luar Angkasa Terbaru NASA Untuk Misi Ke Mars


NASA tampaknya tidak membuang-buang waktu dalam mengembangkan baju luar angkasa terbaru yang akan digunakan di berbagai lokasi dalam misi Journey To Mars. Dua baju luar angkasa terbaru, PXS dan Z2, diperkenalkan pada bulan Oktober dan kini kedua baju tersebut telah mencapai tahap pengerjaan prototipe yang lebih canggih.

Prototipe PXS

PXS, atau prototipe baju luar angkasa eksplorasi, dikembangkan untuk meningkatkan kinerja pada kegiatan extra-vehicular activities (EVAs), berjalan di luar angkasa, dan saat berada di orbit bumi atau saat berada di luar angkasa. Baju luar angkasa ini diciptakan tujuannya adalah untuk meminimalisasi jumlah peralatan yang diperlukan dalam EVA yang memiliki durasi panjang. PXS memiliki bentuk yang fleksibel untuk proses fitting. Banyak fitur dari PXS yang dicetak secara 3D, sehingga baju luar angkasa ini dapat dengan mudah dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan setiap anggota kru dan dapat digunakan dalam berbagai jenis kegiatan EVA.

Prototipe Z2

Prototipe lainnya, yaitu baju luar angkasa tipe Z2, adalah prototipe untuk kegiatan EVA di permukaan planet. Baju luar angkasa ini dirancang oleh ILC Dover dan baju ini secara khusus dibuat untuk menyesuaikan diri dengan kondisi alam di planet Mars. Baju luar angkasa ini dibuat menggunakan material komposit canggih sehingga terasa ringan dan bagian luarnya berdaya tahan tinggi sehingga mampu bertahan dari lingkungan planet Mars yang keras. Baju luar angkasa tipe Z2 ini memungkinkan astronot untuk bergerak secara bebas, keluar dan masuk kendaraan rover, serta mengumpulkan sampel. Sekali lagi, baju luar angkasa ini memiliki fitur yang dapat disesuaikan dengan berbagai kondisi, sehingga mampu mendukung para astronot untuk berjalan pada ketinggian yang berbeda dan juga disesuaikan dengan ukuran pinggang para astronot.

Kedua baju luar angkasa tersebut hingga saat ini masih belum diuji coba saat Portable Life Support System (PLSS) terpasang. PLSS memiliki sistem penghapusan karbon dioksida dan dapat mengontrol tingkat kelembaban pada baju luar angkasa. Sistem ini akan mampu meregenerasi dirinya sendiri dengan hanya menggunakan vakum, sehingga lebih mudah bagi astronot untuk menggunakannya jika dibandingkan dengan baju luar angakasa yang ada saat ini, yang perlu diisi ulang selama 14 jam setelah digunakan.

PLSS juga akan memiliki tabung regulator oksigen yang canggih dengan 84 pengaturan, sehingga mampu untuk memberikan oksigen yang cukup kepada para astronot, serta memberikan dekompresi pengobatan terhadap penyakit secara langsung di dalam baju luar angkasa tersebut.

Seluruh baju luar angkasa ini akan diuji coba pada tahun 2020, menurut seorang insinyur yang bertugas dalam pengerjaan baju-baju tersebut. Foto-foto baju luar angkasa lainnya tersedia di situs NASA's SuitUp.


Diterjemahkan secara bebas dari:
http://www.iflscience.com/space/nasa-s-new-spacesuits-proceeding-full-speed

Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://bagikertas.blogspot.co.id/ sebagai sumber artikel.

Terima kasih telah berkunjung ke Bagi Kertas.
Like juga Facebook Page: BagiKertas

4 komentar:

  1. ayo bergabung diajoqq , silakan coba keberuntungan anda disini dan menangkan ratusan juta rupiah,hadiah menantikan
    anda silakan bergabung invite pin bb#58cd292c

    ReplyDelete
  2. ayo bergabung diajoqq , silakan coba keberuntungan anda disini dan menangkan ratusan juta rupiah,hadiah menantikan
    anda silakan bergabung invite pin bb#58cd292c

    ReplyDelete
  3. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    ReplyDelete
  4. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14

    ReplyDelete