Bangunan Masa Depan: Rumah yang Dapat Memperbaiki Diri Sendiri


Teknologi 3D printing sebentar lagi akan mengubah cara manusia membuat bangunan dan berbagai sektor lainnya.

Bangunan di masa depan diprediksi akan sangat berbeda dengan zaman sekarang karena pada saat ini bangunan hanya dibangun menggunakan teknologi yang tidak terlalu canggih. Bangunan pada saat ini masih terbuat dari beton, baja, dan kaca. Namun, sebentar lagi kabel dan pipa dari bangunan-bangunan di dunia akan segera terintegrasi dan tumbuh seperti sistem saraf dan alat pencernaan di dalam tubuh kita. Bahan bangunan nantinya akan dapat memperbaiki dirinya sendiri dan dapat membersihkan diri secara otomatis.

Beberapa teknologi, seperti beton yang dapat mereparasi diri sendiri, saat ini sedang dikembangkan dan yang masih menjadi penghalang dikenalkannya teknologi canggih ini adalah masalah biaya, tetapi sepertinya hal ini akan berubah. Jelas terdapat suatu keuntungan ekonomi yang besar jika kita memiliki bangunan yang dapat memperbaiki dirinya sendiri dan juga keuntungan praktis pada tempat-tempat yang memiliki bahaya tingkat tinggi, seperti reaktor nuklir. Para peneliti memprediksi bahwa sekitar 50 tahun ke depan, mungkin kita akan melihat bangunan yang bisa memperbaiki dirinya sendiri. Alam sudah melakukannya terlebih dahulu, contohnya pohon yang dapat membangun cabang dan batangnya sendiri hingga menjadi sistem pembangkit energi bagi dirinya, sebuah keajaiban arsitektur yang dimulai dari sebutir benih.


Pencetakan secara 3 dimensi akan mengubah cara suatu objek diciptakan. Semuanya akan terintegrasi, objek akan dibuat dalam satu bagian, termasuk kabel-kabel dan sumber energinya. Saya tidak yakin nantinya setiap rumah akan memiliki satu buah alat ini, tetapi pabrik-pabrik yang berbasis printer 3D canggih nantinya akan dapat memberikan gambaran desain produk dengan menanggapi berbagai komentar konsumen, menciptakan umpan balik yang cepat. Printer 3D akan mengubah segala sesuatu tentang manufaktur, para peneliti meyakini hal itu.

Dengan adanya teknologi ini mengindikasikan bahwa nantinya anda dapat memproduksi secara massal suatu produk tanpa menghasilkan objek yang identik. Anda dapat memiliki individualisasi, anda dapat memiliki 1.000 macam barang yang dihasilkan sendiri, menimbulkan sedikit keuntungan dari skala ekonomi. Teknologi ini akan mengubah dunia fashion dan mengubah cara seseorang mendesain suatu produk. Para pebisnis harus tahu bagaimana cara untuk mengubah model bisnis mereka.


Diterjemahkan secara bebas dari:
http://www.theguardian.com/artanddesign/2013/jun/16/future-of-buildings-house-repairs-itself

Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://bagikertas.blogspot.co.id/ sebagai sumber artikel.

Terima kasih telah berkunjung ke Bagi Kertas.
Like juga Facebook Page: Bagi Kertas

4 komentar:

  1. ayo bergabung diajoqq , silakan coba keberuntungan anda disini dan menangkan ratusan juta rupiah,hadiah menantikan
    anda silakan bergabung invite pin bb#58cd292c

    ReplyDelete
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    ReplyDelete
  3. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14

    ReplyDelete
  4. AJOQQ menyediakan 8 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)

    ReplyDelete